Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine_Listings::$delete_post is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/components/listings/manager.php on line 109

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine_Listings::$did_posts is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/components/listings/manager.php on line 110

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine_Listings::$legacy is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/components/listings/manager.php on line 112

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine_Listings::$ajax_handlers is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/components/listings/manager.php on line 122

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine\Relations\Manager::$types_helper is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/components/relations/manager.php on line 290

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine::$glossaries is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/core/components-manager.php on line 145

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine::$elementor_views is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/core/components-manager.php on line 145

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine::$blocks_views is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/core/components-manager.php on line 145
Apa sih Bidang Usaha Tertutup bagi Penanaman Modal Asing? - Yuk Legal
Search
Close this search box.

Apa sih Bidang Usaha Tertutup bagi Penanaman Modal Asing?

Pendirian PT PMA

Oleh: Mochamad Fadilah, S.H.

Halo Sobat YukLegal! 

Saat ini, pemerintah Indonesia tengah berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dengan melakukan usaha dan strategi yang disusun secara matang. Melalui penanaman modal, pemerintah mengupayakan dan berusaha untuk menarik investor dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Maka dari itu, pemerintah harus menyiapkan peraturan dan kebijakan untuk membangun kepercayaan investor dalam menanamkan modalnya di Indonesia. Maka dari dibentuklah regulasi yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, berikut penjelasannya!

Regulasi Penanaman Modal di Indonesia

Istilah investasi atau penanaman modal merupakan istilah-istilah yang dikenal, baik dalam kegiatan bisnis sehari-hari maupun dalam bahasa perundang-undangan. Istilah investasi lebih popular dalam dunia usaha, sedangkan istilah penanaman modal lebih banyak digunakan dalam bahasa perundang-undangan. 

Namun, pada dasarnya kedua istilah tersebut mempunyai pengertian yang sama sehingga kadang-kadang digunakan secara interchangeable. Investasi berasal dari kata “invest” yang berarti menanam, menginvestasikan atau menanam uang. Dalam hal peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional pemerintah daerah dan pemerintah pusat saling bersinergi untuk mewujudkan perekonomian yang stabil, juga diatur di dalam Pasal 13 Undang-Undang No.11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja: 

“Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya memberikan kemudahan, pemberdayaan, dan perlindungan bagi koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah dalam pelaksanaan penanaman modal berdasarkan norma, standar, prosedur, dan kriteria yang ditetapkan Pemerintah Pusat.”

Selain itu, dalam Pasal 1 ayat (1) dan (2) Peraturan Presiden No.10 tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal, definisi bidang usaha dan penanaman modal yaitu:

  • “Bidang Usaha adalah segala bentuk kegiatan usaha yang dilakukan untuk memproduksi barang atau jasa pada sektor-sektor ekonomi.
  • Penanaman Modal adalah segala bentuk kegiatan menanam modal, baik oleh penanam modal dalam negeri maupun penanam modal asing untuk melakukan usaha di wi1ayah negara Republik Indonesia.”

Baca juga: Perizinan Penanaman Modal Asing Di Indonesia

Perusahaan permodalan baik penanaman modal dalam negeri maupun asing diharuskan berbadan hukum untuk melakukan kegiatan usaha di wilayah indonesia. Penanaman modal dalam negeri (PMDN) diatur di dalam pasal 5 ayat (1) Undang-Undang No. 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal:

“(1) Penanaman modal dalam negeri dapat dilakukan dalam bentuk badan usaha yang berbentuk badan hukum, tidak berbadan hukum atau usaha perseorangan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.”

Sedangkan penanaman modal asing (PMA) diatur di dalam pasal 5 ayat (2) Undang-Undang No. 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal yaitu:

“(2) Penanaman modal asing wajib dalam bentuk perseroan terbatas berdasarkan hukum Indonesia dan berkedudukan di dalam wilayah negara Republik Indonesia, kecuali ditentukan lain oleh undang-undang.”

Setiap usaha yang dilakukan dalam penanaman modal harus memberikan dampak positif kepada kesejahteraan masyarakat. Artinya, dengan hadirnya investasi yang ditanamkan para investor diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain bidang usaha terbuka yang sudah penulis angkat dalam artikel sebelumnya, kali ini penulis akan mengulas mengenai bidang usaha tertutup, here check it out!!

Baca juga: Perizinan Berusaha Skala Usaha Mikro Dan Kecil

Bidang Usaha Tertutup

Bidang usaha tertutup diatur di dalam Undang-Undang No.25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal dan Peraturan Presiden No. 10 tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.  Berdasarkan Pasal 12 Undang-Undang No. 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal menyebutkan bahwa:

  • “Semua bidang usaha atau jenis usaha terbuka bagi kegiatan penanaman modal, kecuali bidang usaha atau jenis usaha yang dinyatakan tertutup dan terbuka dengan persyaratan.
  • Bidang usaha yang tertutup bagi penanam modal asing adalah:
  • Produksi senjata, mesiu, alat peledak, dan peralatan perang; dan
  • Bidang usaha yang secara eksplisit dinyatakan tertutup berdasarkan undang-undang.
  • Pemerintah berdasarkan Peraturan Presiden menetapkan bidang usaha yang tertutup untuk penanaman modal, baik asing maupun dalam negeri, dengan berdasarkan kriteria kesehatan, moral, kebudayaan, lingkungan hidup, pertahanan dan keamanan nasional, serta kepentingan nasional lainnya.”

Lalu Peraturan Presiden No. 10 tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal memberikan pengertian tentang bidang usaha tertutup, yaitu:

  • “Semua Bidang Usaha terbuka bagi kegiatan Penanaman Modal, kecuali Bidang Usaha:
  • yang dinyatakan tertutup untuk Penanaman Modal; atau
  • untuk kegiatan yang hanya dapat dilakukan oleh Pemerintah Pusat.
  • Bidang Usaha yang dinyatakan tertutup untuk Penanaman Modal sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a adalah Bidang Usaha yang tidak dapat diusahakan sebagaimana Bidang Usaha yang tercantum dalam Pasal 12 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2OO7 tentang Penanaman Modal sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2O2O tentang Cipta Kerja.”

Beberapa bidang usaha yang benar-benar ditutup menurut Pasal 12 ayat (2)  Undang-Undang No.11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja diantaranya: 

  • “Budi daya dan industri narkotika golongan I;
  • Segala bentuk kegiatan perjudian dan/atau kasino;
  • Penangkapan spesies ikan yang tercantum dalam Appendix I Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora;
  • Pemanfaatan atau pengambilan koral dan pemanfaatan atau pengambilan karang dari alam yang digunakan untuk bahan bangunanlkapur lkalsium, akuarium, dan souvenir/perhiasan, serta koral hidup atau koral mati (recent death corat) dari alam;
  • Industri pembuatan senjata kimia; dan
  • Industri bahan kimia industri dan industri bahan perusak lapisan ozon.”

Baca juga: Perseroan Terbatas Vs Perseroan Perorangan, Cek Kriteria Terbarunya!

Konsep dan regulasi pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia terus dilakukan dengan melakukan penerapan dan beberapa metode sebagai stimulus ekonomi nasional. 

Kamu masih punya pertanyaan perihal perusahaan, perizinan, dan pendirian perusahaan PT PMA? Yuk, tuntaskan kebingunganmu dengan meng konsultasikannya ke YukLegal. YukLegal solusi pengurusan perizinan perusahaan, Yuk konsultasikan sekarang juga! Jangan lupa pake kode promo: FADIL15 ya!!

Sumber:

Undang-Undang No.11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Undang-Undang No.25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal.

Peraturan Presiden No.10 tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

Peraturan Presiden No. 44 Tahun 2016 Tentang Daftar Bidang Usaha Yang Tertutup Dan Bidang Usaha Yang Terbuka Dengan Persyaratan Di Bidang Penanaman Modal.

Ida Bagus Rahmadi Supanca, 2006, Kerangka Hukum dan Kebijakan Investasi Langsung di Indonesia, Bogor; Ghalia Indonesia.

Editor: Siti Faridah, S.H.

Facebook
Telegram
Twitter
WhatsApp

Layanan Kami

Corporate

Pendirian Perusahaan
Penutupan Perusahaan
Perizinan Usaha

Layanan Pajak

Layanan Perpajakan dan Pembukuan

Perizinan Khusus

Perizinan Perusahaan
Perizinan Khusus

HAKI

Layanan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual

Foreign Service

Professional services to set up companies and to own business permits in Indonesia

Pembuatan dan Peninjauan Perjanjian

Pembuatan dan Peninjauan segala macam bentuk perjanjian

Layanan Hukum

Konsultasi Hukum
Legal Opinion
Penyelesaian Sengketa

Properti

Layanan Legalitas Properti Anda

Penerjemah dokumen

Sworn Translator
Non Sworn Translator

Digital Marketing

Pembuatan Website
Pendaftaran Domain