Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine_Listings::$delete_post is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/components/listings/manager.php on line 109

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine_Listings::$did_posts is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/components/listings/manager.php on line 110

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine_Listings::$legacy is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/components/listings/manager.php on line 112

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine_Listings::$ajax_handlers is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/components/listings/manager.php on line 122

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine\Relations\Manager::$types_helper is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/components/relations/manager.php on line 290

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine::$glossaries is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/core/components-manager.php on line 145

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine::$elementor_views is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/core/components-manager.php on line 145

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine::$blocks_views is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/core/components-manager.php on line 145
Klasifikasi Risiko dalam OSS RBA - Yuk Legal
Search
Close this search box.

Klasifikasi Risiko dalam OSS RBA

Klasifikasi Risiko dalam OSS RBA

Oleh: Anggianti Nurhana

 “Risiko berasal dari ketidaktahuan dari apa yang Anda lakukan”

– Warren Buffett

Ungkapan ini sepertinya sangat cocok untuk menjadi pembuka pembahasan kita kali ini. Melalui artikel ini kita akan membahas terkait Layanan Online Single Submission (OSS) Risk Based Approach (RBA) risiko yang telah diluncurkan oleh pemerintah pada tanggal 9 Agustus 2021.

Kehadiran layanan OSS RBA sebagai mekanisme baru terkait perizinan berusaha  diharapkan menjadi terobosan untuk mengatasi hambatan pelaksanaan kegiatan usaha di Indonesia. 

Melalui aplikasi ini, jenis perizinan pun akan disesuaikan dengan resikonya sehingga pemerintah dapat melakukan kontrol terhadap segala risiko yang mungkin akan ditimbulkan oleh usaha Anda.

Lalu saja sih klasifikasi resiko dalam OSS RBA ini? Yuk simak terus penjelasan secara lebih mendalam di bawah  ini!

Risiko Berusaha

Dalam membangun atau menjalankan sebuah usaha tentu kita tidak akan terlepas dari berbagai risiko yang akan ditimbulkan. Hal ini juga disebutkan dalam Pasal 1 angka 2 Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko  yang menyatakan:

“Risiko adalah potensi terjadinya cedera atau kerugian dari suatu bahaya atau kombinasi kemungkinan dan akibat bahaya”

Risiko dalam berusaha ini tidak boleh serta merta kita abaikan sehingga perlu pengendalian yang tepat baik dari pelaku usaha maupun pemerintah.

Dengan demikian, peluncuran SSO RBA  sebagai acuan penetapan jenis perizinan berusaha akan menjadi kontrol yang efektif untuk menyederhanakan mekanisme perizinan berusaha. Artinya, semakin tinggi resiko  yang dapat ditimbulkan oleh suatu usaha tertentu, maka akan semakin ketat juga kontrol yang dilakukan oleh pemerintah.

Klasifikasi Tingkat Risiko  Berusaha

Berdasarkan Pasal 5 Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko telah mengklasifikasikan tingkat risiko berusaha menjadi usaha dengan risiko rendah, menengah rendah, menengah tinggi, dan tinggi. 

Nah, untuk lebih detailnya, mari simak penjelasan selanjutnya ya!

1. Risiko Rendah

Dengan adanya sistem OSS RBA ini, pelaku usaha dengan risiko rendah akan semakin mudah untuk melakukan perizinan berusaha  karena proses perizinannya dapat selesai hanya melalui OSS RBA tanpa memerlukan verifikasi atau persetujuan dari kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah. Usaha dengan Risiko rendah ini hanya membutuhkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Selain itu, dalam rangka mewujudkan kemudahan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) dengan risiko rendah, pemerintah juga  memberikan keistimewaan berupa perizinan tunggal yang maknanya Nomor Induk Berusaha (NIB)  juga berlaku sebagai legalitas, Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Sertifikasi Jaminan Produk Halal (SJPH) bagi pelaku usaha yang barang atau  jasanya wajib SNI dan wajib halal.

SNI berupa Sertifikat Bina UMK selanjutnya akan difasilitasi oleh  Badan Standarisasi Nasional (BSN). Sementara itu, untuk SJPH akan ditindaklanjuti dengan pendampingan dan difisilitasi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJBH).

2. Risiko Menengah Rendah

Usaha dengan risiko menengah rendah ini tak jauh berbeda dengan usaha dengan risiko rendah dimana proses perizinan berusahanya juga dapat selesai hanya melalui OSS RBA tanpa memerlukan verifikasi atau persetujuan dari kementrian, lembaga, maupun pemerintah daerah.

Namun disamping Nomor Induk Berusaha (NIB), pelaku  usaha juga membutuhkan Sertifikat Standar (SS) berupa pernyataan mandiri yang formatnya telah tersedia dalam OSS RBA.

3. Resiko Menengah Tinggi

Usaha dengan risiko menengah  tinggi  tidak hanya berhenti pada penerbit Nomor Induk Berusaha (NIB) dalam OSS RBA. Melainkan, pelaku usaha juga membutuhkan Sertifikat Standar (SS) berupa pernyataan mandiri dengan verifikasi dari kementerian, lembaga atau pemerintah daerah.

4. Resiko Tinggi

Usaha dengan risiko tinggi membutuhkan Nomor Induk Berusaha (NIB), izin yang harus mendapat persetujuan dari kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah, serta Sertifikat Standar apabila dibutuhkan .

Setelah memahami terkait Klasifikasi Tingkat Risiko dalam OSS RBA, masih ragu untuk segera melakukan perizinan usaha Anda secara mandiri? Tentunya Anda dapat mengkonsultasikan dan mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya tentang usaha Anda melalui YukLegal. Platform konsultasi terkait perizinan dan pendirian perusahaan terbaik di Indonesia!

Sumber:

Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha  Terintegrasi Secara Elektronik.

Lestariningtyas, Twotik, and Muhammad Roqib, ‘Perlindungan Data Pribadi Pengguna Sistem Layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Oss 1.1 Dan Oss Rba (Risk Basic Approach)’, Jurnal Jendela Hukum, 8.2 (2021), 25–34.

Sumber Gambar:

unsplash.com

Editor: Siti Faridah, S.H.

Facebook
Telegram
Twitter
WhatsApp

Layanan Kami

Corporate

Pendirian Perusahaan
Penutupan Perusahaan
Perizinan Usaha

Layanan Pajak

Layanan Perpajakan dan Pembukuan

Perizinan Khusus

Perizinan Perusahaan
Perizinan Khusus

HAKI

Layanan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual

Foreign Service

Professional services to set up companies and to own business permits in Indonesia

Pembuatan dan Peninjauan Perjanjian

Pembuatan dan Peninjauan segala macam bentuk perjanjian

Layanan Hukum

Konsultasi Hukum
Legal Opinion
Penyelesaian Sengketa

Properti

Layanan Legalitas Properti Anda

Penerjemah dokumen

Sworn Translator
Non Sworn Translator

Digital Marketing

Pembuatan Website
Pendaftaran Domain