Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine_Listings::$delete_post is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/components/listings/manager.php on line 109

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine_Listings::$did_posts is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/components/listings/manager.php on line 110

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine_Listings::$legacy is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/components/listings/manager.php on line 112

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine_Listings::$ajax_handlers is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/components/listings/manager.php on line 122

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine\Relations\Manager::$types_helper is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/components/relations/manager.php on line 290

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine::$glossaries is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/core/components-manager.php on line 145

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine::$elementor_views is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/core/components-manager.php on line 145

Deprecated: Creation of dynamic property Jet_Engine::$blocks_views is deprecated in /home/yuklegal/public_html/wp-content/plugins/jet-engine/includes/core/components-manager.php on line 145
Layanan Pengaduan dalam Sistem OSS Berbasis Risiko - Yuk Legal
Search
Close this search box.

Layanan Pengaduan dalam Sistem OSS Berbasis Risiko

Layanan Pengaduan OSS

Oleh: Anggianti Nurhana

Jalan-jalan ke taman hiburan

Perginya naik motor Yamaha

Hei kawan, segera lakukan pengaduan

Untuk tingkatkan kepatuhan berusaha

Pantun tersebut sepertinya sangat cocok untuk membuka pembahasan kita kali ini. Kini pemerintah memberikan sarana untuk menyampaikan aspirasi atau pengaduan secara daring melalui sistem OSS Berbasis Risiko. Hal ini dilakukan guna meningkatkan pengawasan perizinan berusaha di Indonesia.

Kabar baiknya, pengaduan ini tidak hanya diperuntukkan bagi pelaku usaha. Namun, masyarakat umum pun dapat melakukan pengaduan apabila kegiatan usaha disekitarnya tidak sesuai dengan standar kegiatan usaha yang telah ditetapkan.

Dalam rangka peningkatan kepatuhan perizinan berusaha dengan melakukan pengaduan, yuk simak terus penjelasan berikut!

OSS Berbasis Risiko

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dalam Pasal 1 angka 21 menyatakan:

“Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submission) yang selanjutnya disebut Sistem OSS adalah sistem elektronik terintegrasi yang dikelola dan diselenggarakan oleh Lembaga OSS untuk penyelenggaraan Perizinan Usaha Berbasis Risiko”

OSS Berbasis Risiko menjadi mekanisme baru dalam perizinan berusaha yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam pelaksanaan kegiatan usaha. Melalui sistem ini, kita dapat berkontribusi secara langsung untuk melakukan pengawasan terhadap kegiatan usaha.

Baca Juga: Klasifikasi Risiko dalam OSS RBA.

Definisi Pengaduan 

Pengaduan adalah penyampaian keluhan oleh pelaku usaha atau masyarakat umum kepada pemerintah atas pengabaian kewajiban dan/ atau pelanggaran larangan dalam melakukan kegiatan usaha. Pengaduan dapat disampaikan secara daring melalui sistem OSS Berbasis Risiko, disini!

Pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat kepada pemerintah menjadi salah satu bentuk kontrol atau pengawasan yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Pengaduan masyarakat bermanfaat bagi pemerintah untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kepatuhan perizinan berusaha.

Subjek Pengaduan

Subjek pengaduan dalam OSS Berbasis Risiko antara lain:

  1. Pelaku usaha;
  2. Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota;
  3. ASN dan/ atau profesi ahli yang mendapat penugasan pengawasan dari Pemda Kabupaten/ Kota.

Objek Pengaduan

Objek Pengaduan dalam OSS Berbasis Risiko antara lain:

1. Pelaksanaan Perizinan Berusaha.

Pengaduan berkaitan dengan pelaksanaan perizinan berusaha dapat disampaikan secara daring oleh pelaku usaha melalui sistem OSS Berbasis Risiko.

2. Pelaksanaan kegiatan usaha yang tidak sesuai dengan standar kegiatan usaha dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sertifikat Standar bagi pelaku usaha  diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (“DPMPTSP“) Kabupaten/ Kota yang ditandatangani atas nama Kabupaten Kota. Apabila ditemukan bahwa  pelaksanaan kegiatan usaha tidak sesuai dengan standar, Koordinator Pelaksana Pengawasan berkewajiban untuk mengajak Organisasi Perangkat Daerah (“OPD”) teknis terkait untuk melakukan pengecekan terhadap izin yang telah dikeluarkan.

3. Kegiatan pengawasan yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Apabila ditemukan kegiatan pengawasan yang tidak sesuai dengan notifikasi yang telah dikirimkan oleh sistem OSS, pelaku usaha dapat melakukan pengaduan melalui sistem OSS Berbasis Risiko.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Fungsi Sertifikat Standar Dalam Perizinan di OSS-RBA.

Mekanisme Layanan Pengaduan dalam OSS RBA

Apabila terdapat pengaduan, Sistem OSS akan memberikan notifikasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota untuk melakukan verifikasi dari pengaduan yang ada. Sistem OSS juga dapat memberikan notifikasi kepada pelaku usaha untuk melakukan klarifikasi jika permasalahnnya meliputi sertifikat standar  dan izin usaha. Pemblokiran hak akses juga dapat dilakukan jika memang dirasa telah ada penyalahgunaan dari sistem OSS. 

Selanjutnya, hal ini akan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah/ Kota sesuai dengan kewenangannya. Secara lebih khusus, pengaduan ini akan ditindaklanjuti sesuai dengan kewenangan DPMPTSP Kabupaten/ Kota.

Tindak lanjut yang dapat dilakukan oleh DMPTSP Kabupaten/ Kota yakni segera melakukan pengecekan terhadap kegiatan usaha sesuai dengan peraturran perundang-undangan yang berlaku. Dalam hal ditemukan adanya pelanggaran, sanksi akan diberikan kepada pelaku usaha.

Setelah memahami terkait Layanan Pengaduan dalam Sistem OSS Berbasis Risiko, yuk segera penuhi kewajiban Anda! Tentunya Anda juga dapat mengonsultasikan dan mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya tentang usaha Anda melalui YukLegal . Platform konsultasi terkait perizinan dan pendirian perusahaan terbaik di Indonesia!

Sumber:

Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyeleggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Peraturan BKPM Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengawasan Berbasis Risiko.

OSS Kementrian Investasi/ BKPM. https://oss.go.id/

Sumber Gambar:

unsplash.com

Editor: Siti Faridah, S.H.

Facebook
Telegram
Twitter
WhatsApp

Layanan Kami

Corporate

Pendirian Perusahaan
Penutupan Perusahaan
Perizinan Usaha

Layanan Pajak

Layanan Perpajakan dan Pembukuan

Perizinan Khusus

Perizinan Perusahaan
Perizinan Khusus

HAKI

Layanan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual

Foreign Service

Professional services to set up companies and to own business permits in Indonesia

Pembuatan dan Peninjauan Perjanjian

Pembuatan dan Peninjauan segala macam bentuk perjanjian

Layanan Hukum

Konsultasi Hukum
Legal Opinion
Penyelesaian Sengketa

Properti

Layanan Legalitas Properti Anda

Penerjemah dokumen

Sworn Translator
Non Sworn Translator

Digital Marketing

Pembuatan Website
Pendaftaran Domain